Senin, 12 Februari 2007

PENGEMBANGAN ORGANISASI

Organisasi harus melakukan forecast dan estimasi situasi lingkungan, agar lebih cepat tanggap dan dapat bersiap siap sebelumnya terhadap perubahan lingkungan.


Kebutuhan Pengembangan Efektif
A.Identifikasi perubahan lengkungan
Perubahan politik dan hukum mempengaruhi kegiatan organisasi. Kebijakan Pemerintah berupa peraturan yang menyangkut pemasaran, produksi, penjualan saham, perburuhan, perpajakan dan lain-lain. Setiap kali berubah maka organisasi harus segera menyesuaikan diri terhadap perubahan ini. Disamping itu pemerintah pada hakekatnya sebagai penanam modal serta konsumen terbesar  dewasa ini. Pemerintah dengan pengeluaran pengeluarannya, serta pemilikan organisasi untuk menjalankan proyek-proyek, menentukan kehidupan organisasi.


B.Menghayati Kebutuhan Pengembangan
Sebelum organisasi merencanakan program programnya misalnya latihan dan pengembangan perlu dilakukan analisis terhadap organisasi, analisis jabatan dan analisis tenaga kerja agar dapat ditentukan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam program latihan dan pengembangan.


C.Berbagai penyebab Kegagalan Pengembangan Manajemen
Berbagai kegagalan program program pengembangan manajemen  dapat disebabkan oleh pendekatan latihan yang tida sistematik. Agar dapat dihindari kesalahan kesalah tersebut maka  perhatikan upaya berikut :


1. Berbagai upaya pengembangan mungkin tidak mendukung pencapaian tujuan-tujuan organisasi
2. Upaya pengembangan mungkin menekankan pada program bukan hasil
3. Pengembangan hanya diperuntukan bagi karyawan karyawan tertentu


D.Dasar pemikiran Pendekatan Teori manajemen Operasional pada Latihan dan Pengembangan
Pendekatan pendekatan didasarkan pada anggapan-anggapan sebagai berikut:
1.Para manajer puncak harus secara aktif mendukung program
2.Latihan dan pengembangan harus melibatkan para manajer
3.Kebutuhan kebutuha latihan dan pengembangan bervariasi


Pengembangan Organisasi (organization development atau disingkat OD) adalah suatu pendekatan yang sitematik, terpadu dan terencana untuk meningkatkan efektifitasorganisasi. OD berkaitan dengan aspek-aspek terapan perilaku organisasi. OD terutama bersangkutan dengan perubahan yang direncanakan dalam organisasi yang kompleks. 


Karakteristik utama dari OD :
1.perubahan yang direncanakan
2.perubahan komprehensif
3.perubahan jangka panjang
4.tekanan pada kelompok-kelompok kerja
5.partisipasi pengantar perubahan
6.manajemen kolaboratif 
7.tekanan pada intervensi
secara ringkas hasil-hasil orgaisasional yang diinginkan dari upaya upaya OD mencakup peningkatan efektifitas, pemecahan masalah dan daya penyesuaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar