Selasa, 13 Februari 2007

SUKSES DALAM KEPEMIMPINAN DAN ORGANISASI

Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu menjalankan cara dan tujuan organisasi dengan efisien. Untuk mencapai tujuan tersebut pemimpin mengacu kedalam delapan kriteria sukses antara lain strategi, struktur, sistek, staf, keterampilan, nilai-nilai, gaya, sukses.

1. Strategi marupakan cara dalam organisasi berusaha mencapai tujuan baik jangka pendek, menegah, maupun jangka penjang sesuai dengan lingkungan yang selalu berubah.


2. Struktur adalah rangka dasar yang dipakai manajenen untuk mewadahi tanggung jawab berbagai fungsi dalam organisasi, serta komunikasi, informasi, dan proses pengambilan keputusan.


3. Sistem yaitu sarana yang memperlancar komunikasi dan mempunyai komponen perencanaan dan pengawasan. Perencanaan menitik beratkan pada penciptaan rebcana strategik untuk mencapai tujuan fungsional, bisnis atau organisasi. Pengawasan menentukan perbedaan antara kinerja rencana riil, sehingga tindakan korektif dapat dilakukan.


4. Staf adalah sumberdaya manusauia yang mengisi organisasi. Mereka memerlukan pengembangan dan komunikasi akan hal-hal berupa dampak dari strategi, struktur dan sistem organisasi. Sebaliknya, staf mempengaruhi keberhasilan strategi, struktur dan sistem. Seleksi staf sangat penting, demikian pula jaminan kesempatan kerja, pelatihan dan promosi mereka.


5. Keterampilan, adalah kemampuan staf organisasi, mencakup kepribadian, budaya, pelatihan, atau pengalaman
Nilai –nilai yang dimiliki bersama dan tujuan, perlu ada karena ini bersama-sama dengan koordinasi merupakan perekat bagi anggota dan memperkuat kemampuan organisasi. Kesetiaan, komitmen, harmoni dan konsultasi merupakan unsur nilai bersama ini.


6. Gaya, menggambarkan bagaimana prilaku manajer didalam mengarahkan dan memotivasi anggota organisasi didalam mencapai tujuan. Apabila anggota diperhatikan dan dihargai, maka akan timbul komitmen dan kerjasama sehingga anggota bersedia menyumbang pada organisasi.
Suksesi atau pergantian pimpinan dengan lancar akan menghemat waktu, tenaga dan pikiran untuk pemecahan suatu masalah lainya.


Mengacu pada ”in searc of exellence” yang dilakukan Thomas j Peter and robert H Waterman terdapat 7-s mc kinsey framework yang rujuk menjadi delapan kriteria sukses. Satu dari delapan tersebut adalah : pemimpin harus meningkatkan produktivitas karyawannya seperti promosi kenaikan jabatan, tunjangan-tunjangan, rotasi karyawan dan pemberian penghargaan prestasi kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar