Sabtu, 03 Februari 2007

PERMINTAAN TOTAL AKAN UANG

Bentuk yang sederhana dan fungsi permintaan (total) akan uang dan teori Keynes adalah

Md/P [ k Y +  Ø(R, W) } ………….(1)

  Md/P    adalah permintaan total akan uang dalam arti riil; suku pertama dalam kurung, yaitu k Y adalah permintaan akan uang untuk transaksi dan berjaga-jaga, yang dinyatakan sebagai suatu proporsi (k) dari pendapatan nasional riil; Ø (R, W) adalah permintaan akan uang untuk motif spekulasi yang dinyatakan sebagai fungsi dan tingkat bunga yang berlaku (R) dan nilai riil dari asset (kekayaan atau wealth) yang ada di masyarakat (W). Variabel W ini dimasukkan karena permintaan akan uang untuk motif spekulasi dinyatakan sebagai bagian dari W yang dipegang dalam bentuk uang tunai. Persamaan (1) tersebut bisa pula dinyatakan dalam bentuk permintaan akan uang dalam satuan moneter sebagai benikut
Md = [ k Y +  Ø (R,W) ] P ……………….  (2)
Dalam analisa jangka pendek W biasanya dianggap konstan sehingga fungsi (2) menjadi:
Md = [ k Y +  Ø (R) ]  P …………………  (3)
                               _
di mana Ø R) = Ø (R, W). Dan dalam posisi equilibrium, supply uang (Ms), yang dianggap juga oleh Keynes sebagai variabel yang di tentukan oleh Pemerintah, sama dengan Md. Sehingga
Ms = [ k Y + Ø (R)] P …………….  (4)
Dalam teori Keynes, berbeda dengan teori-teori Klasik, pasar uang (Md, Ms) menentukan tingkat bunga (R) dan harga umum (P). Tetapi tekanannya justru pada penentuan tingkat bunga (R), sedangkan penentuan tingkat harga (P) dalam kerangka teori makro Keynes tidak melulu ditentukan oleh permintaan dan penawaran uang (seperti Klasik), tetapi ditentukan sebagai resultante dan permintaan agregat
dan penawaran agregat. Dalam model Keynes yang paling sederhana bahkan P dianggap konstan untuk tingkat output di bawah tingkat output “full employment”, dan akan berubah secara kurang lebih proporsional dengan supply uang pada full employment output. Model Keynesian yang lebih kompleks memasukkan kemungkinan harga-harga naik sebelum titik full employment tercapai dan juga kenaikan harga yang tidak proporsional dengan kenaikan supply uang. Tetapi sekali lagi tekanan dan teori moneter Keynes adalah bahwa pasar uang (Ms , Md) terutama menentukan tingkat bunga, sedangkan teori Klasik menekankan bahwa pasar uang menentukan tingkat harga.
Teori moneter Keynes ini mempunyai implikasi-implikasi teoritis maupun kebijaksanaan yang penting, yang berbeda dengan teori-teori Klasik.
a) Teori Klasik rnempunyai ciri dasar bahwa perubahan volume uang yang beredar tidak mempengaruhi tingkat maupun komposisi output di dalam masyarakat. Volume uang yang beredar hanya mempengaruhi tingkat harga umum (P); sedangkan tingkat dan komposisi output di dalam masyarakat dipengaruhi oleh harga relatif dan faktor-faktor non-moneter lainnya. Ini sering disebut dengan “Classical dichotomy” (pemisahan dalam teori Klasik antara “sektor moneter” dan “sektor riil”, masing-masing sektor tidak saling mempengaruhi).
Teori Keynes mempunyai implikasi bahwa kedua sektor tersebut bisa saling mempengaruhi. Ini  merupakan satu langkah perkembangan teoritis ke arah integrasi teori moneter dengan teori mengenai sektor non-moneter 1). Dalam teori makro dari Keynes kita mengetahui bahwa sebelum full employment dicapai maka perubahan supply uang bersama-sama dengan permintaan akan uang mempengaruhi tingkat bunga; selanjutnya perubahan tingkat bunga mempengaruhi tingkat investasi (riil) yang kemudian, melalui proses multiplier, mempengaruhi tingkat out put masyarakat (atau tingkat pendapatan nasional riil). Jadi perubahan dalam sektor moneter bisa mempengaruhi sector riil. Integrasi antara teori moneter dengan teori mikro baru kemudian dilakukan, terutama oleh Don Patinkin.
b) Teori permintaan akan uang dari Keynes mempunyai implikasi bahwa fungsi permintaan akan uang (Liquidity Preference) adalah fungsi yang tidak stabil, dalam arti bahwa fungsi ini bisa bergeser dan berubah posisi dengan cepat dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan karena Keynes menekankan peranan faktor uncertainty dan expectation dalam menentukan posisi permintaan akan uang untuk tujuan spekulasi 2). Ini  adalah bertolak belakang dengan teori-teori moneter Klasik, terutama versi Fisher, yang lebih menekankan sifat, yang stabil dan permintaan akan uang di mana VT dianggap berubah hanya secara lambat dari waktu ke waktu sejalan dengan perubahan faktor-faktor “kelembagaan” yang berubah secara gradual. Keynes berpendapat bahwa meskipun permintaan akan uang untuk tujuan transaksi dan berjaga-jaga adalah fungsi yang stabil dan tingkat pendapatan nasional, tetapi ada kemungkinan bahwa permintaan (total) akan uang didominir oleh permintaan akan uang untuk spekulasi, sehingga posisi fungsi permintaan total ini tidak bisa dianggap stabil. Implikasi kebijakaab dari teori permintaan akan uang semacam inin adalah efek kebijakanmoneter atau iskal (tetapi terutama karena kebijakan moneter) sulit untuk diramalkan 3)

1)  Harry G. H Johnson, “Monetary Theory and Monetary Policy”, American Economic review, June 1962, hal 337.
2)  ciri ini selanjutnya mempunyai implikasi bahwa untuk menstabilkan perekonomian, maka “tingkat bunga” harus dijaga agar tetap stabil. Tingkat bunga yang stabil dianggap sebagai sasaran yang lebih penting daripada (pertumbuhan) supply uang yang stabil.

3)  lihat david E.W. Laidler, The Demand for Money, Theories and Evidence, inrenationalTextbook Company, Scranton,Pennsylvania,1969, hal 56

Sumber :
Boediono, Pengantar Ilmu Ekonomi No.5, Ekonomi Moneter, edisi ketiga cetakan kesembilan, Mei 1996
BPFE Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar